Cara Merawat Kulit Kering



Pernah merasakan kulit kering sampai retak-retak? Pastinya benar-benar mengusik performa serta keyakinan diri, kan? Ditambah, munculnya kulit kering bisa dibarengi gatal-gatal, kulit kemerahan, serta kasar di permukaan atasnya. Bagaimana perawatan kulit kering dilaksanakan? Baca penuturannya di bawah ini.


Pemicu timbulnya kulit kering dapat karena beberapa hal, diantaranya cuaca, temperatur panas, paparan cahaya matahari, rutinitas mandi kelamaan, sabun serta detergen yang memiliki sifat iritatif, dan. Beberapa situasi penyakit dapat mengakibatkan kulit kering, yakni eksim serta psoriasis. Umur tua, tinggal di lingkungan kering atau mempunyai kelembapan yang rendah dapat tingkatkan efek munculnya kulit kering.


Panduan Menjaga Kulit Kering


Lepas dari apa saja pemicunya, kulit kering harus dirawat. Untuk menjaga kulit kering, Anda bisa lakukan beberapa hal di bawah ini.


Jauhi mandi dengan air yang begitu panas


Air panas bisa secara cepat kurangi minyak di kulit jadi pelembap alami. Mandi menggunakan air hangat jadi opsi yang lebih arif. Walau demikian, Anda pun tidak dianjurkan untuk mandi begitu lama saat memakai air hangat, yakni awasi cuman 5-10 menit saja. Sesudah usai mandi, tepok-tepuk handuk dalam tubuh serta janganlah sampai kulit begitu kering. Kemudian, coba berikan pelembap badan.


Pakai pencuci serta penyegar bebas wewangian


Regenarasi inggris ala southgate Jika Anda alami kulit kering, lakukan memakai sabun serta produk perawatan kulit yang bebas wewangian, alkohol, atau zat aditif antibakteri serta deodoran. Ini sebab kandung kimia dalam produk itu bisa membuat kulit hancur serta iritasi hingga jadi kering. Pilih sabun halus (mild soap) yang sudah diberi tambahan minyak serta lemak.


Pakai tirai surya serta pelembap


Jadi salah satunya perawatan kulit kering, dianjurkan memakai tirai surya yang memiliki kandungan SPF minimum 15. Disamping itu, lakukan memakai pelembap. Saat menentukan pelembap, upayakan yang memiliki kandungan beberapa bahan ceramide yang memiliki sifat melembapkan serta menurunkan kulit kering serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang menolong kulit menjaga air. Kandung lanolin serta petroleum jelly dapat menolong menjaga air yang awalnya diserap kulit waktu mandi.


Perawatan pada malam hari


Perawatan kulit bukan hanya dibutuhkan di siang hari, dan juga saat malam hari saat Anda tidur. Sebelumnya tidur, sebaiknya membersihkan muka dari tersisa kosmetik serta kotoran yang lain supaya tidak memunculkan jerawat. Bersihkan muka secara halus memakai sabun yang memiliki bahan halus serta jauhi menggosoknya dengan kasar atau memakai sabun scrub.


Untuk bersihkan tersisa dandanan, Anda dapat memakai make up remover berbasiskan minyak yang bisa meniadakan maskara waterproof sekalinya tiada memikat serta membuat iritasi kulit disekelilingnya. Lalu, Anda dapat memoleskan pelembap di kulit, serta lebih tebal dibanding umumnya. Lamanya tidur malam ikut memberi saat yang lebih panjang untuk pelembap untuk lebih menyerap ke kulit.


Jagalah kulit dari udara dingin


Udara yang dingin bisa kurangi kelembapan kulit serta pada akhirnya membuat kulit kekeringan. Waktu cuaca sedang dingin, tekankan Anda terus memakai pelembap untuk kulit serta usahakan membuat perlindungan badan dari temperatur udara dingin. Bila dibutuhkan, Anda dapat memakai pelembap udara untuk jaga udara selalu lembap hingga tidak jadi parah kulit kering.


Kerjakan pengelupasan


Eksfoliasi atau pengelupasan di kulit kering akan hilangkan kulit mati. Dengan demikian, pelembap bisa menyerap lebih bagus. Kerjakan eksfoliasi cukup 1x satu minggu saja sebab sering lakukan eksfoliasi bisa menghancurkan kulit serta malah mengakibatkan kulit kering. Waktu lakukan eksfoliasi, jauhi scrub buah yang condong kasar. Jadi tukarnya, coba scrub yang memiliki kandungan enzim papain. Scrub yang memiliki kandungan bahan itu condong halus serta aman dipakai untuk pengelupasan.


Memberikan nutrisi kulit dari dalam


Ada banyak makanan yang dijumpai memiliki kandungan gizi penting untuk mempertahankan kesehatan kulit, salah satunya makanan kaya anti-oksidan serta asam lemak omega-3. Makanan kaya anti-oksidan bisa meminimalisir kerusakan dari toksin serta menolong badan membuat sel sehat. Beberapa makanan yang berperan pada kesehatan kulit mencakup bluberi, tomat, wortel, kacang polong, serta kacang-kacangan. Sedang makanan yang kaya asam lemak omega-3, seper salmon, bisa memberikan dukungan kesehatan kulit dan membuat kulit lebih ceria berkilau. Janganlah lupa, minum air putih untuk penuhi konsumsi cairan Anda tiap hari serta menahan dehidrasi.


Kulit kering jangan didiamkan. Kerjakan perawatan kulit kering dengan teratur dengan di atas supaya kulit selalu sehat serta elok, dan untuk menghindar Anda dari tambahan permasalahan kulit yang lain. Tanyakan ke dokter bilamana kulit kering Anda alami kemerahan, gatal yang mengusik tidur, cedera terbuka atau infeksi, atau mengelupas dalam tempat yang luas.

Postingan populer dari blog ini

prospects of a confrontation between regional and world powers becoming ever more likely.

Good sleep quality is associated with a stage of sleep known as “slow-wave sleep”

Zoom tiredness a sensation of being actually drained pipes